Sunday, April 10, 2016

Cara Menanam Srikaya dalam Pot - Tabulampot Srikaya

cara menanam srikaya dalam pot
Cara Menanam Srikaya dalam Pot atau Tabulampot Srikaya. Jika Anda menginginkan tanaman yang berbuah sepanjang tahun, srikaya jawabannya. Buah asal Amerika Tropis ini juga memiliki banyak manfaat, terutama untuk kecantikan. Berikut ini cara dan tahapan membuat tabulampot srikaya.

A. Sipat-sipat Tanaman Srikaya

Tanaman srikaya (Annona squamosa Linn.) merupakan perdu dengan tinggi mencapai 2—7 meter. Daunnya tunggal, bertangkai pendek, dan berwarna hijau. Bunganya pun tunggal. Umumnya, bunga muncul di ketiak daun dan ujung batang. Warna bunga hijau kekuningan. Sementara itu, buahnya semu, bulat mengerucut, dan berwarna hijau. Permukaan buah benjol-benjol dengan biji berbentuk kepingan kecil berwarna hitam mengilap.

B. Syarat Tumbuh Tanaman Srikaya

  1. Senang tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.000 m dpl.
  2. Menyukai iklim panas, yakni tidak terlalu dingin atau banyak hujan.
  3. Tumbuh baik di berbagai kondisi tanah dan mampu beradaptasi baik terhadap iklim lembap dan panas.

C. Tipe Srikaya Tanaman Srikaya

tabulampot srikaya
Beberapa jenis srikaya yang kini mulai dikembangkan sebagai berikut.
  1. Srikaya lokal, yakni srikaya lumut dan srikaya gading.
  2. Srikaya bangkok, cirinya daging lebih tebal, biji lebih sedikit, dan rasa lebih manis daripada srikaya lokal.
  3. Srikaya Australia, contohnya srikaya hibrida varietas (seperti Pinks Mammoth dan srikaya merah).

D. Memilih Bibit Srikaya untuk Tabulampot

Bibit srikaya kini banyak dijual di penjual bibit tanaman buah dengan beragam variasi dan ukuran. Semakin besar tanaman, semakin mahal harganya. Usahakan, memilih bibit yang telah berbunga agar tanaman lebih cepat berbuah.

E. Memindahkan Bibit Srikayake Pot

  1. Siapkan pot berdiameter 40 cm dan campuran media tanam. Umumnya, campuran media tanam yang digunakan berupa tanah, pupuk kandang, dan serbuk gergaji (2 : 1 : 1) atau campuran tanah, sekam, dan humus bambu (1 : 1 : 1).
  2. Lapisi bagian dasar pot dengan pecahan genting, bata merah, atau ijuk, lalu masukkan media tanam hingga setengah ketinggian pot.
  3. Buka lapisan polibag, lalu masukkan bibit ke dalam pot tepat di tengah-tengah media.
  4. Tambahkan campuran media ke dalam pot hingga ketinggian 2 cm dari bibir pot, padatkan.
  5. Siram media dengan air, lalu simpan bibit di tempat ternaungi selama satu minggu.

F. Perawatan Harian Tabulampot Srikaya

a. Penyiraman

Pada musim kemarau, penyiraman bisa dilakukan dua kali sehari. Sementara itu, ketika musim penghujan, penyiraman hanya dilakukan ketika media tanam terlihat mengering.

b. Pemupukan

  1. Berikan pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 25 gram setiap setiap 3 bulan sekali per tanaman dan pupuk kandang sebanyak 5 kg per tanaman setiap 6 bulan sekali.
  2. Berikan pupuk hayati, boleh merek apa saja. Larutkan satu tutup botol pupuk hayati ke dalam satu ember air. Berikan setiap dua minggu sekali.
  3. Ketika bakal bunga muncul, berikan pupuk Amazing Grow dengan dosis 30 gram (sekitar 2 sendok makan) ditambah pupuk Amazing Grow MgO sebanyak 15 gram (sekitar 1 sendok makan) yang dicampurkan ke dalam 2 liter air. Aplikasinya diberikan 2 minggu sekali.
  4. Ketika bunga muncul, berikan pupuk NPK 15-10-32 dengan dosis 25 gram per tanaman.
  5. Ketika buah pentil muncul, berikan Amazing Grow Blue dengan dosis 30 gram per liter air diberikan setiap 7 hari sekali.

c. Pemangkasan

Srikaya juga membutuhkan pemangkasan untuk mempercepat tumbuhnya bunga dan buah. Berikut cara penerapannya.
perawatan tabulampot srikaya
  1. Pangkas batang utama tanaman. Nantinya, dari satu batang utama akan menghasilkan beberapa cabang primer. Dari cabang primer yang tumbuh, pelihara tiga cabang saja untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman.
  2. Dari tiga cabang primer yang ada, lakukan pemangkasan hingga hanya menyisakan cabang sepanjang 50—70 cm. Dari pemangkasan cabang ini akan menghasilkan cabang sekunder.
  3. Sama halnya seperti cabang primer, cabang sekunder yang tumbuh juga hanya dipelihara masing-masing 3 cabang saja. Berarti totalnya 9 cabang. Cabang yang dipelihara ini setelah tumbuh maksimal bisa dipangkas juga agar menghasilkan cabang tersier.
  4. Dari cabang tersier yang ada, peliharalah sekitar 27 cabang. Dari cabang inilah nantinya bunga bakal bermunculan dan kemudian disusul dengan buah yang tumbuh menjuntai.

G. Mempercepat Pembuahan Tabulampot Srikaya

  1. Ketika tanaman berumur 1,5 tahun, pangkas 2—3 daun di ujung cabang dan sisakan tangkainya sepanjang 2—4 mm.
  2. Biasanya, setelah 6—10 hari akan tumbuh tunas baru dari bekas pangkasan yang disusul bakal bunga.
  3. Petik ujung bunga ketika masih kuncup agar cepat merekah.
  4. Ketika bakal buah muncul, lakukan seleksi buah. Caranya, buang pentil yang tidak normal, tetapi pertahankan buah yang berada di batang yang lebih besar dan berbentuk normal.
  5. Bungkus buah sedari dini untuk mencegah serangan hama.

H. Limbah Dapur untuk Pupuk Organik

Jika ada bekas kopi, teh, atau susu, jangan dibuang. Sebab, ampas dapur tersebut bisa digunakan sebagai pupuk alami tanaman. Itulah hal yang dilakukan oleh pemulia tanaman buah di Karawang. Selain mempercepat pertumbuhan tanaman, ampas dapur ini juga berguna untuk merangsang pembungaan. Aplikasinya dilakukan dengan mencampur satu sendok ampas kopi dan teh atau beberapa milimeter sisa susu dengan satu liter air.
Selain limbah dapur, berikan juga 15 ml minyak ikan dan setengah sendok teh vitamin tumbuhan (B1) yang dicampur dengan 2 liter air. Siramkan larutan ini ke setiap tanaman. Kedua zat ini mengandung mineral dan hara mikro. Aplikasinya diberikan satu bulan sekali. Dengan cara ini, tanaman akan tumbuh lebih optimal.


EmoticonEmoticon

----------------------------------------------------------